Fungsi marketing dalam dunia bisnis sangat penting, bahkan bisa menjadi penentu berhasil atau tidaknya bisnis tersebut. Seperti yang kita tahu, marketing adalah rangkaian kegiatan untuk mempromosikan produk.
Tujuan marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Untuk mencapai tujuan tersebut, sebagai seorang pebisnis, Anda harus memahami apa saja fungsi dari marketing. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Simak selengkapnya berikut ini.
7 Fungsi Utama Marketing dalam Bisnis
Setidaknya ada tujuh fungsi utama marketing dalam berbagai kegiatan bisnis, baik skala besar maupun kecil. Di antaranya adalah:
1. Pertukaran
Fungsi pertukaran maksudnya adalah konsumen memiliki kebebasan untuk memilih produk dari bisnis Anda dan menukarkannya dengan uang. Kemudian, konsumen bisa menggunakan atau menjual kembali produk tersebut.
2. Distribusi Fisik
Fungsi distribusi fisik merupakan proses pendistribusian produk dari produsen ke konsumen. Proses pendistribusian tersebut bisa melalui jalur darat, udara, atau laut.
Meski begitu, sebagai produsen Anda harus tetap memiliki stok dengan cara menyimpan sebagian produk di gudang. Tujuannya adalah agar pasokan di pasar tetap terjaga, sehingga tidak terjadi kelangkaan.
3. Perantara
Semua pihak yang bekerja di bidang marketing memiliki fungsi perantara untuk menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen. Ini membuat kebutuhan konsumen akan produk tersebut tetap terjaga.
4. Penjualan
Fungsi yang tidak kalah penting dari marketing adalah penjualan atau sales. Fungsi ini bertujuan agar perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
5. Promosi
Fungsi promosi adalah untuk mengenalkan produk dari perusahaan Anda kepada masyarakat secara luas. Fungsi ini juga bisa meningkatkan brand awareness dan reputation produk, sehingga masyarakat akan tertarik dan percaya.
Anda bisa menggunakan berbagai media untuk melakukan promosi, di antaranya adalah:
- Televisi
- Radio
- Website
- Media sosial
- Koran
6. Riset dan Pengembangan
Fungsi ini mampu memberikan Anda informasi lengkap terkait kebutuhan konsumen akan suatu produk. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengembangan agar produk yang dihasilkan lebih baik.
7. Communication
Communication atau komunikasi merupakan fungsi dari marketing yang bisa menjalin hubungan baik antara perusahaan Anda dengan konsumen. Dengan adanya komunikasi ini, konsumen akan tetap loyal dan merasa puas dengan produk Anda. Fungsi marketing sangat penting untuk menjamin keberhasilan bisnis. Oleh sebab itu, sebagai seorang pebisnis, Anda harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat, agar semua fungsinya bisa tercapai.
Recent Comments