Skip to main content

Sebagai orang yang berkutat di bidang bisnis, tentunya Anda harus memahami apa itu marketing. Sederhananya, marketing atau pemasaran merupakan manajerial atau proses pengenalan dan promosi kepada konsumen.

Tujuannya adalah agar mereka mengetahui dan tertarik dengan produk yang sedang Anda tawarkan. Baik itu produk berupa barang maupun jasa.

Selain pengertian sederhana tersebut, para ahli juga sudah merumuskan berbagai pengertian dari marketing. Berikut ini kami paparkan pengertian dari para ahli mengenai istilah pemasaran ini.

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Marketing menjadi sebuah proses yang sangat penting dalam kegiatan bisnis. Sebab, proses ini bisa mendatangkan konsumen hingga meningkatkan angka penjualan.

Tidak heran jika banyak ahli yang tertarik akan proses tersebut dan merumuskan pengertiannya. Di antaranya adalah:

1. Melydrum

Pendapat Melydrum terkait marketing ini dimuat dalam buku Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi karangan Sudaryono (2016). Menurutnya marketing merupakan:

Sebuah proses bisnis yang menyelaraskan sumber daya manusia, finansial, dan fisik organisasi berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam strategi kompetitif.

2. Philip Kotler

Philip Kotler merupakan salah satu ahli marketing yang terkemuka di dunia. Menurutnya, definisi marketing merupakan:

Aktivitas sosial dan pengaturan yang dilakukan untuk meraih tujuan tertentu, khususnya dengan membuat produk lalu menukarkannya.

Menukarkan dalam hal ini maksudnya adalah sebuah menukarkan nilai produk dengan nominal uang atau harga. Di mana harga tersebut harus lebih besar agar menghasilkan keuntungan.

3. William J. Stanton

Willian J. Stanton mendefinisikan marketing sebagai:

Sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembelian yang ada maupun potensial.

4. Dayle

Masih dari buku karya Sudaryono (2016), Dayle mengungkapkan bahwa marketing adalah:

Proses manajemen yang berupaya memaksimalkan laba bagi pemegang saham dengan cara menjalin relasi dengan pelanggan utama dan menciptakan keunggulan kompetitif.

5. Poniman dan Choerudin

Dalam buku Manajemen Pemasaran karya Poniman dan Choerudin (2017), marketing merupakan:

Upaya secara sadar untuk mencapai hasil pertukaran yang diinginkan dengan pasar sasaran.Dari pengertian berbagai di atas, tentunya Anda bisa lebih memahami apa itu marketing. Setelah memahaminya, Anda pun bisa mengimplementasikannya dalam bisnis dengan lebih mudah.

Leave a Reply