Skip to main content

Jenis-jenis marketing kini semakin beragam. Jika pada awalnya marketing hanya dilakukan secara konvensional dari mulut ke mulut, saat ini marketinf sudah berkembang ke dunia digital.

Perubahan zaman dan perkembangan teknologi menjadi beberapa faktor penyebabnya. Agar proses marketing bisnis Anda berjalan efektif dan relevan dengan perkembangan zaman, Anda tentu bisa memanfaatkan beragam teknologi dan platform marketing yang ada. Nah, kenali lima jenis teknik marketing yang saat ini sangat populer dan efektif, yang bisa Anda coba.

5 Jenis Marketing Paling Populer

Marketing atau pemasaran merupakan kegiatan untuk mempromosikan suatu produk. Tujuan marketing sendiri adalah agar bisnis bisa dikenal secara luas dan penjualan produk semakin meningkat.

Hingga saat ini sudah banyak jenis marketing populer yang digunakan dalam dunia bisnis, di antaranya adalah:

1. Telemarketing

Telemarketing adalah metode pemasaran secara langsung untuk menarik calon konsumen dari jarak jauh. Biasanya, tim marketing akan melakukan promosi atau penawaran melalui website conference dan telepon.

Saat menggunakan metode pemasaran ini, pastikan Anda mampu mencatat penjualan selama periode waktu tertentu. Selain itu, Anda juga harus bisa menampung saran dan kritik dari konsumen.

2. Viral Marketing

Kunci utama pada viral marketing adalah penggunaan media sosial. Ketika menggunakan media sosial, Anda harus membuat konten yang bagus, menarik, dan sensasional agar brand awareness produk meningkat dan tujuan dari marketing tercapai.

3. Customer Relationship Management (CRM)

CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan strategi marketing yang mengombinasikan proses, manusia, dan teknologi. D sini, Anda harus meningkatkan hubungan dan kepuasan konsumen.

Tujuannya adalah agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda, sehingga mereka tidak ragu untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

4. Digital Marketing

Digital marketing merupakan kegiatan promosi menggunakan media periklanan digital untuk menjangkau konsumen lebih luas. Media digital tersebut di antaranya adalah sosial media, website, email, e-commerce, hingga videotron.

5. Periklanan

Periklanan merupakan jenis marketing yang mempromosikan produk menggunakan bantuan iklan di media. Terutama iklan di televisi, radio, koran, website, dan paling terbaru adalah media sosial.

Marketing jenis periklanan mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial, sehingga peluang peningkatan penjualannya juga cukup tinggi. Dari jenis-jenis marketing di atas, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya. Pastikan Anda memilih yang paling cocok dan relevan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Leave a Reply