Skip to main content

Jika Anda berminat kerja di bidang marketing, Anda harus tahu bagaimana cara menjadi marketing yang baik dan andal. Tak cukup hanya dengan kemampuan bicara dan persuasif yang baik, Anda juga harus memiliki beberapa skill penting lainnya yang harus dilatih. Apa saja?

Cara Menjadi Marketing yang Andal

Mau jadi marketing yang baik dan sukses? Anda perlu mendalami ilmu marketing di bidang komunikasi dan bisnis. Nah, apa saja cara menjadi marketing tersebut?

1. Mengenali Pasar dan Konsumen

Sebelum Anda sibuk membuat strategi marketing untuk produk Anda, kenali dulu pasar dan konsumen yang akan jadi target pemasaran. Produk dan strategi akan mengacu pada bagaimana konsumen dan pasar yang ada.

2. Bekerja dengan Smooth dan Efisien

Pekerjaan marketing memang akan berinteraksi dengan banyak orang. Ini sebabnya, Anda yang baru mulai terjun di dunia marketing harus belajar bekerja dengan smooth dan efisien, karena ini menentukan keberhasilan. Berikan pelayanan dengan senyuman, nyaman, sopan, dan efisien sehingga konsumen merasa diperlukan dengan baik. 

3. Investasi pada Tim

Bagaimana cara menjadi marketing yang baik? Anda tidak bisa bekerja sendiri dan butuh tim. Untuk itu, lakukan investasi pada tim, seperti mengadalakan pelatihan, melengkapi alat kerja, melakukan bimbingan dan pembinaan, dan sebagainya. Tujuannya dalah untuk meningkatkan kemampuan tim Anda dalam bekerja.

4. Strategi Marketing Harga

Harga juga menjadi strategi penting yang bisa Anda olah. Marketing yang bagus akan bisa memanfaatkan strategi harga ini untuk penjualan, misalnya kapan harus promo, kapan naik, dan sejenisnya. Semua itu harus terkelola dengan tepat.

5. Menyikapi Komplain dengan Baik

Bagaimana cara menjadi marketing pemula yang baik? Selain memperhatikan hal-hal di atas, Anda harus memahami bahwa tugas marketing menjaga kepercayaan pelanggan. Lalu bagaimana jika komplain terjadi? Skill yang harus Anda latih adalah bagaimana menyikapi komplain dengan bijak dan membuat pelanggan tidak meninggalkan produk Anda.

6. Memiliki Rencana Pemasaran

Manajemen pemasaran harus Anda tuliskan dalam bentuk rencana-rencana pemasaran. Strategi apa yang akan Anda buat, apa inovasinya, bagaimana evaluasinya, dan seterusnya.

7. Pantang Menyerah dan Inovatif

Jika Anda bekerja sebagai seorang marketing, maka hindari sikap mudah menyerah, terutama ketika strategi pemasaran Anda gagal. Anda harus bangkit dan berinovasi membuat strategi berikutnya. Tambah wawasan Anda, tingkatkan ilmu, dan belajarlah dari mana saja.

Cara menjadi marketing yang baik pada prinsipnya juga soal pengalaman. Jika masih baru, mungkin ada banyak hal yang Anda keluhkan. Semakin berpengalaman, maka akan semakin tahan banting Anda di dunia marketing. Selamat mencoba.

Leave a Reply