Skip to main content

Strategi 4P marketing merupakan konsep dari Neil Borden, seorang profesor periklanan dari Universitas Harvard. Konsep ini kemudian populer menjadi strategi pemasaran bisnis banyak perusahaan di seluruh dunia. Selain 4P ada juga konsep 7P. Seperti apa sebenarnya konsep ini?

Apa itu 4P dalam Pemasaran?

Istilah 4P adalah singkatan dari product, place, price, dan promotion. Dalam dunia marketing, keempat poin ini menjadi penentu dari strategi marketing itu sendiri. Bagaimana penjelasannya?

1. Product

Bagaimana kualitas produk, diversifikasi produk, dan nilai produk, semuanya akan menentukan proses marketing. Menjaga kualitas produk ini sangat penting untuk menciptakan penjualan yang maksimal.

2. Place

Tempat menyangkut lokasi bisnis, yaitu target lokasi yang menjadi pasar produk jualan Anda di mana? Ini akan memengaruhi pemasaran. Walaupun saat ini digital marketing telah menjangkau ruang yang lebih luas, tetap saja faktor tempat  ini perlu Anda perhatikan.

3. Price

4P marketing plan juga mengacu kepada price. Strategi harga ini juga akan sangat menentukan daya tarik pelanggan terhadap sebuah produk. Mengatur pola-pola harga yang tepat untuk membuat konsumen lebih tertarik membeli produk.

4. Promotion

Strategi marketing tidak terlepas dari upaya promosi. Media promosi apa yang tepat, bagaimana konsepnya, semua juga saling terkait dengan produk, tempat, dan harga.

Contoh Penerapan 4P dalam Bisnis

Contoh strategi pemasaran 4P produk makanan adalah pada McDonald’s. Anda tentunya tak asing lagi dengan brand waralabab populer dunia, McDonald’s. Produk makanan dan minuman dari brand ini cukup beragam. Diversifikasi produk sesuai pasarnya.

Secara tempat, McDonald’s menguasai tempat-tempat strategis. Coba perhatikan, setiap lokasi brand ini selalu berada di tempat yang ramai. Konon, itu jadi syarat bagi yang ingin mencoba franchise McDonald’s.

Strategi harga bundle promo dari brand ini cukup menarik. Plus, strategi promosinya juga begitu masif di berbagai media. Tak heran jika usaha ini menguasai pasar dunia dan tetap bertahan dari tahun ke tahun.

Selain istilah 4P, ada juga istilah 7P. Nah, pada 7P ini menambahkan 3P lainnya, yakni process, people, dan Physical Evidence. Jika Anda terapkan dalam bisnis pastinya akan lebih membantu. Strategi 4P marketing ini penting Anda perhatikan, terutama jika Anda seorang marketing. Selamat menerapkan strategi 4P dan 7P.

Leave a Reply