Skip to main content

Seorang marketing bisa saja memiliki kemampuan sebagai sales, tetapi seorang sales belum tentu menguasai ilmu marketing yang baik. Pembimbing seorang sales adalah seorang marketing. Jadi, apa perbedaan marketing dan sales sebenarnya?

7 Perbedaan Marketing dan Sales

Sales adalah mereka yang berorientasi pada target penjualan, terhubung langsung dengan pembeli dan menargetkan uang masuk sebagai pemasukan. Sedangkan marketing lebih dari itu, karena kerjanya lebih ke strategi dan umumnya bertanggung jawab terhadap penjualan keseluruhan.

Supaya lebih jelas, berikut ini perbedaan keduanya.

1. Skill

Seorang sales biasanya memiliki kemampuan bicara yang andal untuk meyakinkan pembeli. Ia akan bekerja di ranah teknis memperkenalkan produk untuk target penjualan. Sedangkan kemampuan seorang marketing adalah skill keilmuan di bidang pemasaran, bagaimana ia membuat strateginya hingga mengevaluasi.

2. Tanggung Jawab

Sales marketing tugasnya adalah mencapai target penjualan harian atau sesuai waktu yang jadi kesepakatan. Sedangkan tanggung jawab seorang marketing lebih luas lagi. Tak hanya mengontrol target penjualan, tetapi marketing juga menetapkan strategi dan mengevaluasi bagaimana proses marketing bisa berjalan.

3. Ruang Lingkup Kerja

Seorang sales biasanya bekerja untuk jangka pendek, sedangkan seorang marketing bekerja untuk jangka panjang. Sales bekerja untuk target closing sebuah produk, sedangkan marketing akan terus-menerus memantau, meningkatkan relasi, serta membuat strategi marketing untuk jangka panjang.

4. Perbedaan Pola Kerja

Pola kerja antara sales dan marketing ini berbeda. Sebagai contoh, dalam promosi sebuah produk asuransi.

Seorang sales akan bekerja bagaimana membuat konsumen bisa bertemu, berbincang, dan akhirnya yakin untuk membeli produk. Sedangkan marketing akan merancang konten apa yang disampaikan tim sales ini, sehingga bisa menarik calon nasabah.

5. Penghasilan

Secara umum, gaji sales marketing di bawah seorang marketing, terlebih lagi jika posisinya manajer marketing. Posisi  sales ini di bawah pimpinan seorang marketing sehingga penghasilannya pun sesuai dengan tanggung jawabnya.

6. Skill

Seorang sales harus mampu memiliki skill bicara yang komunikatif, kemampuan lobi, sikap ramah, empati, dan lainnya. Sedangkan untuk seorang marketing, lebih  menekankan pada keilmuan di bidang marketing. Skill di atas biasanya akan dicapai seorang marketing pada tahapan karier tertentu.

7. Marketing Sekaligus Sales

Dalam kondisi keuangan perusahaan yang belum mapan, seorang marketing bisa saja rangkap menjadi sales. Dalam kondisi ini, seorang marketing juga perlu menguasai skill teknis seorang sales. Nah, sudah paham, kan perbedaan marketing dan sales? Anda tertarik menjadi yang mana? Meski berbeda, keduanya juga memiliki jenjang karier jika Anda memulainya dari nol. Tak hanya untuk perusahaan, skill marketing ini juga cocok untuk bisnis Anda sendiri. Selamat mencoba.

Leave a Reply