Skip to main content

Jenis-jenis digital marketing yang dapat membantu perusahaan mencapai performa bisnis dengan optimal, kini cukup beragam Teknologi dan media digital seperti website, media sosial, email, mobile, dan berbagai platform digital lainnya dapat Anda manfaatkan untuk strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan Anda. 

Jenis-jenis dari digital marketing ini dapat membantu untuk meningkatkan awareness, engagement, hingga penjualan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Digital Marketing yang Populer

Mempelajari jenis-jenis digital marketing yang ada dan memilih strategi yang paling tepat dapat membantu perusahaan Anda untuk menjangkau konsumen dengan efektif. Berikut beberapa yang bisa Anda pertimbangkan.

1. SEO (Search Engine optimization)

SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian organik mesin pencari seperti Google. Dengan meningkatkan peringkat SEO, perusahaan dapat menarik lebih banyak pengunjung ke situs mereka.

2. PPC (Pay-per-Click)

Pay-per-click advertising adalah iklan yang dipasang pada mesin pencari atau platform media sosial. Dengan tipe marketing ini, pengiklan akan membayar setiap kali iklan mereka diklik. Contoh digital marketing dengan PPC adalah Google Ads dan Facebook Ads. 

3. SMM (Social Media Marketing)

Social media marketing juga menjadi salah satu jenis digital marketing yang efektif. Strategi pemasaran SMM biasanya menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok.

Manfaat digital marketing dengan SMM adalah perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih personal, terkini, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

4. Email Marketing

Email marketing adalah jenis pemasaran digital yang menggunakan email untuk mengirim pesan promosi atau informasi ke konsumen. Perusahaan dapat mengirim email yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan, dan dapat menyesuaikan pesan dan penawaran berdasarkan preferensi masing-masing konsumen.

Kesimpulan

Digital marketing adalah cara yang tepat bagi sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan digital marketing, seperti meningkatkan awareness, engagement, dan meningkatkan penjualan. Ada berbagai jenis-jenis digital marketing yang tersedia, seperti SEO, PPC, SMM, dan email marketing. Perusahaan harus memilih strategi yang tepat agar membuahkan hasil yang baik.

Leave a Reply