Skip to main content

Bagi Anda yang akan terjun ke dunia bisnis, tentu penah muncul pertanyaan kenapa marketing penting. Nyatanya, jika Anda seorang pengusaha dan ingin mendapatkan untung, marketing atau pemasaran memang punya peran yang sangat vital dalam kegiatan bisnis.

Sederhana saja, sebab tujuan marketing sendiri adalah untuk memperkenalkan produk yang Anda miliki kepada masyarakat. Hal ini tentunya akan menarik calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Selain alasan sederhana tersebut, ada lima alasan lainnya yang tidak kalah penting dari proses marketing. Apa saja?

5 Peran Penting Marketing dalam Bisnis

Marketing adalah sebuah upaya pemasaran dan promosi produk agar dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas. Setidaknya ada lima alasan kenapa marketing dalam dunia bisnis sangat penting, yaitu:

1. Membangun Brand Awareness

Brand awareness merupakan tingkat pengakuan atau kesadaran konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Semakin tinggi brand awareness masyarakat pada brand atau produk Anda, maka konsumen akan lebih mudah mengenalinya.

Bahkan, secara tidak langsung brand awareness juga akan meningkatkan minat beli. Sebab, konsumen akan cenderung membeli produk yang sebelumnya sudah mereka kenal.

2. Membangun Reputasi Bisnis

Reputasi bisnis sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan konsumen. Semakin baik reputasi bisnis Anda, maka konsumen akan lebih percaya dan cenderung menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Untuk membangun reputasi bisnis memang tidak mudah dan memerlukan waktu yang cukup lama. Tapi, hal tersebut bisa ditingkatkan dengan cara strategi marketing yang tepat.

3. Meningkatkan Penjualan

Ketika brand awareness dan reputasi bisnis Anda sudah baik, maka secara otomatis penjualan akan meningkat. Sebab, konsumen lebih percaya terhadap produk Anda meski ada produk serupa dari kompetitor.

4. Memahami Konsumen dan Pasar

Saat melakukan proses marketing, tentunya ada berbagai faktor yang perlu Anda pelajari. Mulai dari minat, daya beli, tren, dan kebutuhan konsumen, hingga tingkat persaingan bisnis.

Dari faktor tersebut, Anda akan lebih memahami konsumen dan pasar. Dengan begitu, Anda bisa melakukan cara marketing yang lebih tepat sasaran dan efektif.

5. Riset dan Pengembangan Produk

Dalam marketing, Anda harus melakukan riset untuk mengembangkan produk, baik dari segi kualitas, penambahan manfaat, atau rebranding. Tujuannya adalah agar produk tidak ketinggalan zaman dan masih bisa diterima masyarakat.Alasan di atas menunjukkan kenapa marketing penting dalam sebuah bisnis. Ini sebabnya, Anda harus melakukannya secara tepat dan optimal.

Leave a Reply