Skip to main content

Memahami apa itu ChatGPT dalam dunia bisnis akan sangat membantu efisiensi kinerja. Teknologi AI yang sedang hangat menjadi perbincangan ini sebenarnya mirip dengan Google, namun penggunanya dapat melakukan percakapan.

Pemilik bisnis dapat memanfaatkan fitur chatbot milik developer asal Amerika ini untuk meningkatkan produktivitas. Sebab, salah satu faktor untuk bisa membantu perkembangan bisnis adalah kemampuan beradaptasi dengan teknologi. Salah satunya adalah ChatGPT ini.

Mengenali Apa Itu ChatGPT (Generative Pre-trained Transformer)

ChatGPT merupakan sistem chatbot buatan yang berbasis pada teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini memungkinkan Anda untuk melakukan tanya jawab sesuai kebutuhan.

Developer ChatGPT yaitu OpenAI mengembangkan teknologi ini berbasis pada data dari seluruh web. Dengan daya tampung data yang cukup besar serta kemampuan interaksi unik, tidak heran jika teknologi AI ini sudah melampaui 100 juta pengguna pada kuartal pertama 2023.

Chatbot ini mampu memberikan jawaban berupa teks yang sudah terstruktur, sehingga percakapan akan cenderung natural dan mudah dipahami user. Penggunaannya bisa menanyakan apa saja dan bila tidak bisa menjawab, chatbot akan meminta Anda memberi pertanyaan lebih spesifik.

Selain jawaban akurat, chatbot AI ini bisa memberikan solusi berdasarkan kebutuhan bisnis. Misalnya, mendeskripsikan suatu produk, memberi tahu cara pemasaran sesuai target pasar, hingga jawaban lain sesuai kebutuhan.

Penggunaan Chatbot AI dalam Bisnis

Pemilik bisnis saat ini harus mampu beradaptasi dengan era teknologi digital. Ada beberapa peran ChatGPT dalam marketing yaitu:

  • Meningkatkan performa pemasaran
  • Membantu menentukan target pasar lebih spesifik
  • Menyediakan konten untuk marketing bisnis

Berkolaborasi bersama teknologi AI ini akan membuat Anda lebih mudah mencapai tujuan ekspansi bisnis.  Berikut beberapa manfaat ChatGPT untuk marketing yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Optimasi Layanan Konsumen

Opini publik menjadi salah satu faktor pengembangan produk, ChatGPT akan memberi jawaban masalah umum seputar ketertarikan produk.

2. Meningkatkan Produktivitas Penjualan

Dengan jumlah data yang besar, pemilik bisnis menjaring target pasar yang luas. Dalam menghasilkan sebuah tulisan ala copywriting, AI ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. ChatGPT juga membantu dalam mengelola proses transaksi bila sudah terintegrasi ERP. 

3. Menyajikan Konten sesuai Target Pasar

Kebutuhan konten dalam proses pemasaran sangat berpengaruh signifikan terhadap penjualan, sehingga ChatGPT bisa menghasilkan beragam konten sesuai tujuan pemasaran. Hadirnya teknologi bukan untuk menyingkirkan peran manusia, melainkan mempermudah kinerja manusia. Dengan memahami apa itu ChatGPT, bagi marketing, ini akan meningkatkan efisiensi pemasaran.

Leave a Reply