Skip to main content

Pada prinsipnya tugas seorang marketing di sebuah perusahaan adalah meningkatkan penjualan setinggi-tingginya dengan strategi yang tepat. Kotler, seorang ahli ekonomi, mendefinisikan marketing sebagai proses untuk mendapatkan sesuatu melalui penawaran untuk pertukaran produk dan jasa yang memiliki nilai dengan orang lain.

Nah, dalam proses mencapai tujuannya, ada bberapa tugas dan tanggung jawab penting dari seorang marketing. Apa saja?

Tugas Penting Seorang Marketing

Berdasarkan definisi di atas, jika Anda bekerja sebagai seorang marketing, maka tugas dan tanggung jawab Anda antara lain:

1. Menyediakan Materi Promosi dan Marketing

Pertama, tugas seorang marketing adalah menyediakan materi marketing itu sendiri. Pelajari lebih spesifik tentang brand yang akan Anda usung sehingga konsep materi marketingnya bisa sesuai.

2. Pengelolaan Brand

Jika Anda bekerja sebagai marketing, maka Anda harus bisa mengelola dan menjelaskan sebuah brand kepada masyarakat. Anda harus memikirkan bagaimana meningkatkan brand awareness, brand loyalty, brand image, dan brand equity sebuah brand atau produk.

3. Manajemen untuk Kampanye Marketing

Manajemen marketing itu ada di tangan Anda, yang bertugas mengelolanya. Misalnya bagaimana polanya, strateginya, cara mengantisipasi jika ada brand lain sebagai kompetitor, dan sebagainya. Manajemennya harus jelas sebagai kebijakan marketing.

4. Digital Marketing

Tugas seorang marketing dalam perusahaan yang saat ini tidak boleh Anda sepelekan adalah masuk ke ranah digital marketing. Tidak bisa tidak, sebab digital marketing saat ini menyumbangkan banyak konversi pada bisnis,

Tugas Anda di sini adalah mengelola konten di website dengan kaidah SEO, memaksimalkan penggunaan sosial media marketing, dan penggunaan platform digital lainnya.

5. Komunikasi Perusahaan

Seorang marketing harus mampu mengomunikasikan produknya dengan baik untuk internal perusahaan hingga ke media. Maka akan ada istilah marketing komunikasi. Biasanya targetnya adalah untuk menaikkan brand awareness.

6. Riset Konsumen dan Pasar

Tujuan dari riset ini untuk memastikan agar produk yang tersedia memang sesuai dengan kebutuhan pasar dan konsumen. Termasuk evaluasi jika terjadi perubahan.

7. Pengawasan Pihak Ketiga

Sebuah perusahaan biasanya memiliki mitra ketiga untuk kerja sama, misalnya kerja sama dengan agency public relation, percetakan, dan lainnya. Kerja sama ini di bawah pengawasan marketing.

Pada prinsipnya, tugas dan tanggung jawab Anda yang bekerja sebagai marketing adalah bagaimana bisa membangun citra positif terhadap produk di perusahaan Anda. Anda harus bisa menyampaikan informasi tersebut kepada khalayak dengan tepat dan menguntungkan. Tugas seorang marketing cukup penting di sebuah perusahaan. Jika kerja Anda bagus, umumnya ada bonus besar yang akan menanti. Selamat mencoba dunia marketing.

Leave a Reply